Berbagai Tipe Conyeyor untuk Pertambangan

Conveyor merupakan suatu sistem mekanik yang berfungsi untuk memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya (bisa dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi). Conveyor sering dipakai dalam industri untuk transportasi barang, perkebunan dan pertambangan. Berikut beberapa tipe conveyor yang digunakan dalam industri pertambangan:

Dog Leg Conveyor 
Ya, disebut conveyor “kaki anjing” karena fungsi kaki pada conveyor ini dapat disesuaikan pada sudut-sudut yang berbeda sehingga lebih fleksibel untuk semua permukaan, menghemat waktu mengkonfigurasi dan mudah untuk disetup.  Tipe conveyor ini memiliki berbagai macam ukuran sesuai dengan keperluan pertambangan. Termasuk conveyor yang termasuk paling sederhana.

Stackable Transfer Conveyor
Stackable transfer conveyor memiliki fungsi yang sama dengan truss stackable conveyor. Bedanya terdapat pada jenis conveyor ini tidak termasuk frame ttruss diperkuat. Tujuan dibuatnya conveyor ini yaitu untuk menahan bahan tinggi dan menjaga tingkat produktivitas yang luar biasa, sehingga memerlukan gerakan minimal. Conveyor ini memiliki berbagai macam ukuran sesuai dengan keperluan pertambangan.

Truss Stackable Conveyor
Truss stackable conveyor juga dikenal dengan conveyor penumpukan. Conveyor ini dapat dibawa dalam satu beban karena mereka mudah dirapikan. Anda hanya perlu mtempat truk tidur yang datar untuk mengangkut conveyor ini ke situs tambang satu ke yang lainnya. Conveyor ini memiliki berbagai macam ukuran sesuai dengan keperluan pertambangan.

Channel Conveyor
Sistem conveyor yang paling terjangkau. Channel conveyor mengerjakan memindahkan material jangka pendek sehingga dapat mempercepat proses pemindahan bahan dilokasi tambang. Juga digunakan untuk pengangkutan barang curah kasar.

Dribble Conveyor
Cara kerja dari dribble conveyor yaitu dengan nampan yang mengalir dan bahan akan bergerak menuju ujung conveyor. Fungsi dari pembuatan conveyor ini adalah untuk mengantongi, kemasan, dan penyortiran. Hal ini dapat mempercepat produktivitas bahan tambang.

Artikel Terkait