Perlengkapan Penyadapan Karet

Dalam melaksanakan penyadapan dibutuhkan alat-alat dan perlengkapan untuk menyadap, seperti:

Pisau sadap
Sesuai dengan cara penyadapan yang digunakan, penyadapan dapat menggunakan pisau sadap biasa, pacekung atau jarum sadap. Pisau sadap harus selalu dalam keadaan bersih dan tajam. Untuk menjaga hal ini, seorang penyadap harus selalu membawa batu asahan.

Talang Lateks atau Spout
Talang atau spout dibuat dari seng yang tidak berkarat, panjang 8-10 cm dan lebar +2,5cm. Talang dipasang 10-15 cm dibawah titik terendah irisan sadapan, terpasang miring 45 derajat dengan garis vertikal (tegaknya batang). Sebelum pohon disadap, bekuan talang (skrep) harus dibersihkan untuk memudahkan mengalirnya lateks ke dalam mangkok.

Mangkok atau Cup
Untuk menampung lateks yang keluar dari pembuluh lateks dan mengalirnya pada saluran lateks diperlukan mangkok. Dewasa ini menggunakan mangkok dari berbagai bermacam-macam bahan seperti alumunium, arnit, gelas, plastik, porselin yang diglasir atau bahan lainnya.

Dari bahan apapun mangkok dibuat, yang penting diperhatikan agar mangkok tersebut mudah dibersihkan, mudah dipakai, tahan lama, cukup murah dan mudah mendapatkannya. Walaupun demikian mangkok alumunium dan mangkok plastik paling umum digunakan, karena tahan lama, ringan dan mudah dibersihkan.

Cincin Mangkok
Terbuat dari kawat dan berfungsi sebagai tempat meletakkan mangkok. Pemakaian cincin mangkok sangat dianjurkan. Penggunaan paku atau pasak bambu tidak dianjurkan karena dapat merusak kambium dan bidang sadap.

Tali Cincin
Tali cincin terbuat dari kawat (lebih baik berbentuk kawat per) berfungsi sebagai tempat menyantolkan cincin mangkok.

Quandri/signat
Terbuat dari besi, ujungnya runcing seperti jarum yang panjagnya 1-1,5 cm. Alat ini digunkaan untuk mengukur tebalnya kulit (dalamnya sadapan), sehingga sadapan tidak melukai kambium.

Ember
Ember digunkan untuk menampung dan mengangkut lateks. Ember ini dibuat dari bahan seng yang tidak berkarat atau alumunium.

Spatel
Sapatel atau sudip-sudip adalah alat yang digunakan untuk memudahkan menumpahkan lateks dari mangkok ke dalam ember pemupul.

Sumber: KARET, Budidaya dan Pengolahan (By Djoehana Setyamidjaja, M.E)

Artikel Terkait

telp
whatsapp