Pengkategorian Mesin Marka jalan

Mesin marka jalan dapat dikategorikan menjadi berbagai macam tipe. Berikut sedikit uraiannya.

Berdasarkan Mobilitas Mesin:

Mesin Marka Jalan Tipe Driving
Mesin marka jalan yang dioperasikan dengan cara operator mengendarai mesin tersebut atau diletakkan pada mobil. Perlengkapan pengecatan terpasang pada bagian depan dan belakang. Cocok untuk proyek dengan jarak pengecatan yang panjang/jauh. Operator mesin juga diharuskan mempunyai surat izin mengemudikan kendaraan. tipe ini sangat menghemat waktu dan tenaga kerja. Namun tentu investasi untuk tipe mesin ini lebih mahal.

Mesin Marka Jalan Self-propelled
Dioperasikan dengan kontrol tangan. tetapi mesin mempunyai tenaga sendiri saat berjalan/mobilitas tanpa perlu tenaga dorong sepenuhnya oleh operator. Mesin tipe ini biasanya digunakan untuk proyek skala menengah dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Mesin Marka Jalan Hand-push
Kontrol pengecatan dan mobilitas mesin sepenuhnya dikontrol oleh operator (dengan didorong). Tipe mesin marka jalan paling mudah dioperasikan. Biasanya untuk proyek pengecatan yang relatif sedikit.

Berdasarkan Material Cat yang Digunakan:

Mesin Marka Jalan Thermoplastik
Menggunkan cat thermoplastik dengan pemanasana pada suhu tinggi untuk melelehkannya sebelum diaplikasikan di aspal maupun concrete. Pengerjaan pengecatan dengan thermoplastik memerlukan mesin pendukung lain seperti meain preheater, pre-marker ataupun mesin penghapus marka jalan (jika diperlukan). Mesin tipe ini juga bisa dicustom dimana pengaplikasiannya bisa spraying type, screeding type and extruding type.

Mesin Marka Jalan Coldpaint
Mesin ini justru merupakan tipe lebih awal dibanding cat thermoplastik.
Adapun bahan-bahannya dapat dibagi menjadi lapisan pelarut dingin, lapisan pelarut panas dan lapisan lelehan panas.

Mesin Marka Jalan 2-Komponen
Merupakan mesin pengembangan terbaru dalam berberapa tahun terkahir ini.
Metode pelapisan jenis ini sangat berbeda dari mesin marka jalan cat termoplastik dan dingin. Tipe Ini bergantung pada ikatan silang kimia internal untuk membentuk lapisan. Memiliki tipe struktur ayun, tipe garis datar yang rata dan tipe penyemprotan tekanan tinggi berdasarkan jenis catnya.(AKP Team).

Artikel Terkait

telp
whatsapp
Open chat